Wakapolres Dumai Tinjau Logistik Pilkada di Gudang KPU

redaksi

Xnewss.com, Dumai- 22 hari menjelang pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Dumai yang akan dilaksanakan pada 9 Desember mendatang, Kepolisian Polres Dumai melakukan pengecekan logistik Pilkada, Selasa (17/11/2020) pagi.

Pengecekan surat suara yang dipimpin oleh Wakapolres Dumai Kompol Ermis Sitinjak ini bertujuan agar pelaksanaan pemungutan di Dumai berjalan lancar dan aman.

"Hari ini kita mengecek gudang penyimpanan logistik Pilkada Dumai dan saat ini beberapa logistik seperti surat suara, kotak pencoblosan dan alas sudah berada di gudang yang ditunjuk," kata Wakapolres Dumai Kompol Ermis.

Lebih lanjut dikatakan untuk pengamanan Pilkada di Dumai pihaknya mengerahkan 22 personil dengan 2 perwira yang khusus melakukan pengamanan di gudang logistik dan sekretariat KPU Dumai.

22 personil Polisi ini akan bertugas terus menerus sampai proses Pilkada selesai dan akan bertugas 24 jam penuh yang sistem kerja dan piketnya akan diatur oleh 2 perwira mereka yang sudah ditunjuk.

"Saat ini didalam gudang sudah terdapat 106 kotak surat suara yang berisikan 211.528 surat suara, bilik pencoblosan dan alas yang akan dijaga 24 jam oleh tim kita," kata Wakapolres.

Memastikan netralitas dan kegaduhan kondisi gudang logistik ini dikunci dengan 3 gembok berbeda yang dipegang oleh pihak kepolisian, KPU dan Bawaslu Dumai untuk memastikan logistik Pilkada Dumai tidak bisa diganggu oleh salah satu pihak.

"Artinya dengan 3 gembok berbeda yang menutup gudang logistik, perlu ketiga pihak untuk bisa membuka gudang sehingga menghindari sejumlah spekulasi dan tetap terjaga dalan Pilkada Dumai ini," terang Kompol Ermis.

Sementara itu Kasubag Keuangan dan umum Sekretariat KPU Dumai, Fanny mengatakan sampai saat ini proses pengadaan logistik Pilkada masih terus berlangsung.

"Saat ini yang ada di gudang kami yakni surat suara, alas dan sebagian bilik suara. Sementara tinta, kotak suara dan lainnya masih dalam terus dilengkapi dan saat ini proses pengadaan logistik kita masih terus berlangsung," kata Fanny.

Untuk tinta sebanyak 1.338 botol sudah berada di sekretariat KPU Dumai dan akan kita distribusikan ke gudang ini dalam waktu dekat sembari menunggu logistik lainnya, tambah Fanny.

Untuk surat suara semuanya sudah ada di gudang dan tinggal proses penyortiran dan pelipatan surat suara guna memastikan kondisi surat suara bagus dan layak untuk proses pencoblosan. "Rencananya jum'at ini proses penyortiran akan mulai kita laksanakan," pungkasnya.(Sar)