Salah Administrasi, TPS 32 Purnama, Dumai Lakukan PSU

redaksi
Xnewss.com, Dumai- Meskipun Pemungutan suara Pemilihan walikota dan wakil walikota Dumai, pada 9 Desember 2020, sudah usai, namun ada satu Tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Dumai, menjalankan Pemungutan suara ulang (PSU), Minggu (13/12/2020).

Proses PSU di kota Dumai, yang dilaksanakan pada Minggu (13/12/2020), ini berada di TPS 32 Kelurahan Purnama, Kecamatan Dumai Barat.

Berdasarkan pantauan dilapangan terlihat masyarakat tetap antusias dalam menyalurkan hak suaranya di TPS 32, dan juga terlihat penjagaan oleh anggota TNI dan Polri, bahkan terlihat lurah Purnama, Teguh Ananta Putra ikut menyaksikan PSU di TPS 32.

Proses PSU di TPS 32, tetap berjalan menggunakan protokol kesehatan yang ketat, seperti wajib menggunakan masker, jaga jarak, mencuci tangan hingga menggunakan sarung tangan saat proses pencoblosan.

‎Lurah Purnama,Teguh Ananta Putra mengungkapkan, bahwa ada satu TPS di kelurahaan Purnama melaksanakan PSU, yakni TPS 32.

Ia menambahkan, PSU dilaksanakan berdasarkan rekomendasi dari Bawaslu Dumai, bahwa ada kesalahan administrasi saat proses pemungutan suara pada 9 Desember 2020, dan harus dilakukan PSU di TPS 32.

Lebih lanjut diterangkannya, sejauh ini proses PSU di TPS 32 berjalan lancar dan antusias masyarakat untuk menyalurkan hak suaranya juga cukup tinggi, dan yang terpenting proses pemungutan tetap menjalankan Protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

"Semoga hingga batas waktu pemungutan suara, masyarakat yang terdaftar dalam DPT di TPS 32 kelurahaan Purnama bisa menyalurkan hak suaranya," sebutnya, Minggu.

Teguh menjelaskan, proses PSU sama dengan proses pemungutan 9 Desember 2020, lalu, dimana masyarakat tetap mendapat undangan untuk melakukan pencoblosan.

"Kalau mengacu pada Pemilihan 9 Desember 2020, di TPS 32 ini ada sekitar 288 DPT, dan saat itu prolehan suara Untuk Paslon Nomor 1 ada sebanyak 10 suara, Paslon 2 dan Tiga sama sama mendapatkan suara 76, dan paslon nomor 4 sebanyak 28 Suara," terangnya.

Dirinya berharap, untuk PSU bisa berjalan lancar hingga akhir, dan tidak ada lagi kesalahan-kesalahan dalam prosesnya, sehingga PSU tak perlu dilakukan kembali.

"Semoga berjalan lancar, dan proses Pilkada Dumai, bisa aman dan damai, kita juga mengucapkan terima kasih kepada Polri dan TNI yang telah melakukan penjagaan di TPS 32 ini," pungkasnya.(Sar)