Widya Sila: Saya Bersyukur Sejak Ada Program JKN-KIS Penyakit Asma Anak Saya Terobati

redaksi
Widya Sila: Saya Bersyukur Sejak Ada Program JKN-KIS Penyakit Asma Anak Saya Terobati

Dumai, Jamkesnews " Widya Sila (31) salah satu peserta JKN-KIS dari segmen PBI APBN yang berdomisili di Desa Purnama Kecamatan Dumai Barat. Merasa bersyukur memiliki JKN-KIS pasalnya program Pemerintah ini telah membantu pengobatan putrinya yang telah lama menderita penyakit asma.

Widya merupakan seorang ibu rumah tangga, memiliki seorang anak penderita sakit asma sejak anaknya berusia lima tahun. Penyakit ini membuat putrinya selalu merasakan sesak dan tubuh sering terasa lelah.

Suami Widya bekerja serabutan tidak menetap dalam satu pekerjaan, ditambah lagi kondisi Covid-19 ini membuat ekonomi keluarganya semakin tidak stabil.

Saat ditemui minggu lalu Widya berada di Puskesmas Purnama sedang membawa anaknya untuk konsul, Kamis (22/07).

“Alhamdulillah saya bersyukur memiliki kartu JKN-KIS ini, dulu sebelum ada program JKN-KIS ini setiap bulan saya harus menyisihkan uang untuk biaya berobat anak saya, kadang anak saya butuh perawatan hingga harus dirawat inap,” kata Widya.

Terkait pelayanan fasilitas kesehatan ditingkat pertama maupun rujukan ia menjelaskan sudah sangat baik dan memuaskan.

“Sejauh ini tidak ada kendala dalam hal pelayanan, setiap kali kami berobat baik di Puskesmas maupun rumah sakit kami dilayani dengan baik oleh petugas, sudah sering anak saya dirawat inap di rumah sakit dan pelayanannya selalu bagus, perawat dan dokternya ramah, saya pikir tidak ada masalah sepanjang kita memenuhi prosedur yang sudah ditetapkan,” terang Widya.

Disinggung terkait aplikasi Mobile JKN Widya menjelaskan tidak terlalu memahami dengan aplikasi tersebut. “Memang pernah ada disampaikan petugas di Puskesmas ketika kami berobat, tapi yang namanya kami masyarakat kecil ini tidak terlalu paham dengan aplikasi-aplikasi, memang saya akui zaman sekarang sudah berubah semua serba canggih dan lebih mudah, kalau saya jujur tidak terlalu mengerti namanya juga ibu rumah tangga biasa,handphoneyang punya jugahandphonebiasa yang penting bisa telepon dan sms sama keluarga,” terang Widya.

Diakhir pembicaraan Widya menyampaikan terima kasihnya kepada Pemerintah dan BPJS Kesehatan yang telah memberikannya jaminan pelayanan kesehatan. “Saya berharap program JKN-KIS ini tetap dipertahankan karena sangat membantu dan sangat bermanfaat terlebih bagi masyarakat seperti saya,” tutupnya. (Rian)