Rusdaniaty: JKN-KIS Menjamin Operasi Katarak Suami Saya

redaksi

Xnewss.com,Dumai, Jamkesnews " Rusdaniaty (58), seorang ibu rumah tangga biasa yang sehari-hari mengurusi rumah dan keluarganya. Rusdaniaty dikaruniai lima orang anak tiga diantaranya sudah berkeluarga. Suaminya sudah lama tidak bekerja lagi karena faktor usia dan kondisi kesehatan yang tidak memungkinkannya untuk bekerja. ”Sudah beberapa tahun belakangan ini suami saya tidak lagi bekerja karena faktor usia dan juga kondisi kesehatannya,” ungkap Rusdaniaty (08/03).

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Rusdaniaty berjualan dengan membuat makanan-makanan ringan yang kemudian dititipkan di warung-warung sekitar tempat tinggalnya, selain itu Rusdaniaty juga bekerja sebagai pembantu rumah tangga di komplek perumahan Pertamina yang tidak begitu jauh dari tempat tinggalnya. ”Alhamdulillah bisalah untuk menutupi kebutuhan hari-hari, anak-anak juga membantu tapi saya tidak mau berharap ke anak-anak mereka jugakan punya kebutuhan dan keluarga,” terang Rusdaniaty saat ditemui di Puskesmas Bukit Timah sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertamanya (FKTP) dimana tempat dia dan keluarganya terdaftar.

Rusdaniaty terdaftar sebagai peserta JKN-KIS dari segmen PBI APBD Kota Dumai. Rusdaniaty sangat bersyukur dan berterima kasih dengan adanya program JKN-KIS ini sangat membantu dia dan keluarganya dalam hal pelayanan kesehatan. ”Saya sangat bersyukur, pemerintah melalui program JKN-KIS yang dikelola BPJS Kesehatan ini sangat membantu masyarakat, coba kalau tidak ada JKN-KIS kami tidak tahu bagaimana mencari biaya untuk berobat, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja saat ini rasanya semakin sulit syukurlah dengan adanya program JKN-KIS ini jadi meringankan beban kami sekeluarga,” terang Rusdaniaty.

Terkait pemanfaatan kartu KIS nya Rusdaniaty menceritakan suaminya pernah dioperasi tepatnya pada bulan Januari lalu. ”Suami saya sudah pernah operasi katarak di RSUD Dumai, Alhamdulillah semua berjalan lancar dan tidak ada kendala, pelayanannya juga bagus dokter dan tenaga medisnya juga ramah-ramah tapi yang paling penting kami tidak dikenakan biaya tambahan semua dijamin,” kenang Rusdaniaty.

Kehadiran program JKN-KIS memang sangat dirasakan manfaatnya terutama bagi masyarakat yang tidak mampu. ”Saya yakin bukan hanya saya dan keluarga saja yang berharap program JKN-KIS ini, masyarakat lain juga sangat membutuhkan, maka sebagai masyarakat kami berharap program ini tetap berlanjut dan dipertahankan serta ditingkatkan kualitas pelayannya,” harap Rusdaniaty. (Rilis)