Rasa Syukur Telah Terdaftar Menjadi Peserta JKN-KIS

redaksi
rls

Dumai, Jamkesnews " Ramlah (60) adalah seorang Ibu rumah tangga yang telah mengidap penyakit Diabetes Melitus (DM) sejak lebih kurang 5 (lima) tahun yang lalu. Riwayat DM yang dideritanya membuat Ramlah harus akrab berurusan dengan fasilitas kesehatan.

“Saya sudah pernah dirawat inap sebanyak 3 (tiga) kali karena penyakit ini dan hingga saat ini saya harus sering mengunjungi Puskesmas Dumai Kota untuk melakukan kontrol. Saya juga rutin dalam mengkonsumsi obat yang diberikan untuk menjaga kondisi agar selalu stabil,” ungkap Ramlah. (30/11)

Saat ini Ramlah tergabung dalam Program Rujuk Balik di Puskesmas Dumai Kota. Program Rujuk Balik (PRB) merupakan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada penderita penyakit kronis dengan kondisi stabil dan masih memerlukan pengobatan atau asuhan keperawatan jangka panjang yang dilaksanakan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) atas rekomendasi/rujukan dari dokter spesialis/sub spesialis yang merawat.

“Sedari awal saya selalu menggunakan JKN-KIS dimulai dari dirawat di rumah sakit, mengambil obat untuk dikonsumsi sehari-hari dan kontrol rutin ke Puskesmas. Semua hal tersebut ditanggung dan saya tidak pernah dikenakan biaya sepeserpun,” terang Ramlah.

Ramlah yang saat ini telah mempunyai 8 (delapan) orang anak dan seorang suami yang bekerja sehari-hari sebagai buruh harian lepas merasa sangat bersyukur dengan adanya program JKN-KIS. Mendapatkan pelayanan kesehatan yang gratis serta menikmati pelayanan yang ramah dari tenaga medis yang melayaninya membuat Ramlah merasa menjadi orang yang beruntung.

“Kartu ini saya dapatkan juga secara gratis dari Pemerintah, lengkap sudah rasa syukur saya terhadap program ini, sungguh-sungguh sangat membantu dan meringankan masyarakat,” ucap Ramlah.

Terdapat 9 (Sembilan) jenis penyakit yang menjadi cakupan PRB, yakni Diabetes Mellitus (DM), hipertensi, jantung, astma, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), epilepsy, schizophrenia, stroke, dan systemic lupus erythematosus (lupus).(rls)