Program JKN-KIS Ringankan Beban Masyarakat

redaksi
rls

Dumai, Jamkesnews " Negara hadir di tengah masyarakat melalui program JKN-KIS, menjamin kesehatan masyarakat mewujudkan kesejahteraan menggapai cita-cita kebangsaan. Bukan hanya disediakan untuk orang yang mampu membayar iuran, tetapi juga disediakan bagi masyarakat kurang mampu. Peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) merupakan peserta JKN-KIS yang iurannya secara penuh dibayarkan oleh Pemerintah.

“Saya terdaftar sebagai penerima bantuan dari pemerintah. Bukan hanya saya saja tetapi suami dan 4 (empat) orang anak kami juga terdaftar sebagai peserta PBI. Kami sekeluarga sangat bersyukur dengan adanya program ini karena terasa sangat membantu masyarakat,” terang Yusni (47) saat ditemui di Puskesmas Bumi Ayu (30/11).

Yusni yang merupakan istri dari seorang pekerja keras yang kesehariannya bekerja sebagai penarik becak motor mempunyai pengalaman yang panjang dalam menggunakan JKN-KIS. Ia pernah dirawat inap hingga 2 (dua) kali ketika melahirkan anak ke-3 pada Tahun 2018.

“Pada waktu itu saya mengalami pendarahan hingga harus dirawat selama 10 hari. Walaupun tidak dilakukan operasi Caesar tetapi pada waktu itu saya harus mendapatkan transfusi darah sebanyak 6 (enam) kantong. Inilah bukti manfaat JNK-KIS, pada waktu itu saya tidak perlu mengeluarkan biaya karena telah ditanggung sepenuhnya alias gratis,” cerita Yusni.

Ia menambahkan, setelah kejadian tersebut dirinya juga pernah mengalami demam berdarah sehingga Ia harus kembali ke rumah sakit dan dirawat selama satu minggu. Perawatan yang Ia dapatkan tersebut juga terbebas dari biaya tambahan yang dapat membebani dirinya dan keluarga.

“Rasa syukur, hanya itu yang bisa kami utarakan. JKN-KIS yang dikelola oleh BPJS Kesehatan ini sangat meringankan beban keluarga kami. Selama mendapatkan pelayanan kesehatan kami juga sudah dilayani dengan baik oleh semua petugas medis yang bertugas. Dokter dan perawat yang bertugas di RSUD Dumai bersikap ramah saat melayani saya,” ungkap Yusni.

Yusni berharap, semoga program JKN-KIS dapat terus digunakan oleh masyarakat hingga nanti dan selamanya karena program ini sungguh sangat membantu masyarakat yang kesulitan. Masyarakat yang dulunya tidak pernah merasakan dirawat di rumah sakit karena tidak mempunyai biaya, tapi kini dapat menikmati itu semua tanpa terkecuali.(rls)