Kepala Kejaksaan Negeri Rokan Hilir Komitmen Sukseskan Program JKN-KIS

redaksi

Bagan Siapi-api, Jamkesnews " Yuliarni Appy (44), wanita yang ramah dan bersahaja ini adalah Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Rokan Hilir.Kehadirannya memberikan warna dan suasana baru di lingkungan kantor Kejaksaan Negeri Rokan Hilir. Sari ruang lantai satu yang sebelumnya masih polos dan tata ruang tunggu masih biasa, ia sulap menjadi lebih representatif.

Kejaksaan Negeri Kabupaten Rokan Hilir sekarang lebih bermasyarakat mereka ingin perubahan dalam pandangan masyarakat tentang Kejaksaan Negeri dengan adanya perubahan baru pada pimpinan terbaru Yuliarni Appy.

Disela kesibukannya sebagai orang nomor satu di Kejaksaan Negeri Rokan Hilir Ibu dari dua orang anak ini masih menyempatkan diri untuk memeriksa tanaman hias atau bunga-bunga yang ada di lingkungan kantornya.“Saya memang penggemar bunga, di rumahpun kalau libur saya isi kegiatan dengan bertanam bunga,” ujar Yuliarni saat ditemui dikantornya, Senin (12/07).

Berdasarkan undang-undang Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia bahwa Kejaksaan Republik Indonesia memiliki kedudukan menjalankan salah satu fungsi di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara serta tugas dan fungsi lainnya berdasarkan undang-undang.

Menanggapi hal tersebut Yuliarni mengatakan siap menjalankan fungsi Kejaksaan sesuai yang diatur undang-undang.

Ketika disinggung terkait badan usaha yang belum patuh diwilayah kerjanya Yuliarni mengatakan, ia menyampaikan siap bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam menjalankan amanah undang-undang yang berlaku. "Jika ada Badan Usaha di wilayah kerja kami yang belum patuh kami siap menindaklanjutinya,” pungkasnya.

Merujuk pada data tahun lalu ada lima Badan Usaha (BU) yang sudah diterbitkan Surat Kuasa Khusus (SKK), dengan nilai piutang mencapai 20 juta lebih namun dari kelima BU tersebut tiga diantaranya sudah membayar, sedangkan untuk tahun 2021 sampai dengan bulan Juli sudah dua BU yang sudah diajukan untuk penerbitan SKK dan akan segera ditindaklanjuti.

Yuliarni juga mengapresiasi program JKN-KIS sangat bermanfaat bagi masyarakat apalagi saat seperti sekarang ini. Pandemi Covid-19 ini sangat berpengaruh pada tatanan kehidupan ekonomi masyarakat.

“Secara pribadi saya juga mendukung program JKN-KIS ini, banyak masyarakat terbantu sejak ada program tersebut, kalau dulu kan dijalankan oleh PT. Askes dan hanya untuk pegawai negeri sipil dan pensiunan TNI Polri saja. Dengan adanya program JKN-KIS yang dikelola BPJS Kesehatan saya yakin bisa terjangkau oleh masyarakat untuk membayar iurannya, apalagi pemerintah juga mendaftarkan masyarakat khususnya yang tidak mampu melalui anggaran APBN dan APBD,” pungkasnya.

Yuliarni juga optimis dengan adanya kerja sama antara BPJS dan Kejaksaan Negeri Rokan Hilir dapat mendongkrak kepesertaan BPJS Kesehatan khususnya disektor Badan Usaha swasta. (Rilis)