JKN-KIS Menjamin Biaya Berobat Anak Saya

redaksi

Dumai, Jamkesnews " Kehadiran Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN " KIS), telah memberikan banyak manfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia. Tidak sedikit pula masyarakat yang sangat terbantu dan bersyukur akan hadirnya Program JKN-KIS, salah satunya Desi Andriani (47) yang berdomisili dijalan Kamboja Gang Lematang, Kecamatan Dumai Kota.

Desi yang sehari-hari berjualan jajanan didekat rumahnya adalah seorangsingle parent, ia memiliki dua orang anak yang masih remaja, ia beserta kedua anaknya terdaftar sebagai peserta JKN-KIS dari segmen PBI APBD.

Saat ditemui Desi sedang berada di Puskesmas Dumai Kota untuk memeriksakan tekanan darahnya. “Sudah dua hari ini saya mengeluh sakit kepala, rasanya berat ditengkuk saya khawatir tekanan darah saya naik karena beberapa bulan yang lalu saya juga pernah mengalami gejala yang sama setelah dicek ternyata tekanan darah saya naik 155/90,” ungkap Desi, Jumat (02/07).

Terkait pemanfaatan kartu JKN-KIS, beberapa waktu yang lalu Desi juga pernah punya pengalaman, saat itu anaknya yang kedua harus dioperasi karena ada benjolan di bagian tubuhnya.

“Awalnya saya tidak terlalu khawatir dengan benjolan kecil yang ada ditubuh anak saya tersebut, karena dia pun tidak pernah mengeluhkan sakit tapi semakin hari saya lihat benjolan itu makin membesar, akhirnya saya bawa ke Puskesmas untuk konsultasi, setelah melalui pemeriksaan dokter di Puskesmas akhirnya anak saya disarankan ke spesialis bedah,”jelas Desi.

Berbekal surat rujukan dari Puskesmas Desi membawa anaknya ke spesialis bedah di rumah sakit, dari hasil pemeriksaan dokter spesialis memang harus dilakukan tindakan operasi untuk mengangkat benjolan tersebut.

“Syukurlah kami punya kartu JKN-KIS kalau tidak saya tidak tau darimana mencarikan biaya untuk operasi anak saya, sedangkan untuk biaya hidup sehari-hari saja sudah kesusahan,” ungkap Desi.

Kehadiran program JKN-KIS memang sangat dirasakan manfaatnya terutama bagi masyarakat yang tidak mampu.

”Saya yakin bukan hanya saya dan keluarga saja yang berharap program JKN-KIS ini, masyarakat lain juga sangat membutuhkan, maka sebagai masyarakat kami berharap program ini tetap terus dipertahankan,” tutupnya. (Rilis)