JKN-KIS Jaminan Kesehatan Bagi Keluarga

redaksi
rls

Siak, Jamkesnews �" Zarmanedi (47) seorang peserta JKN-KIS dari sektor Pekerja Penerima Upah (PPU) yang didaftarkan oleh PT. Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP). Berstatus sebagai peserta PPU maka Ia turut mendaftarkan istri dan anaknya dalam tanggungannya.

“Hidup hari demi hari tentunya penuh dengan risiko, apalagi kesehatan. Bisa saja suatu hari kita tiba-tiba sakit dan membutuhkan biaya besar untuk mengatasi sakit tersebut. Tentu keadaan yang seperti itu dapat menimbulkan krisis dalam perekonomian keluarga. Tapi, kini Saya dan keluaga tidak perlu khawatir akan risiko tersebut karena telah ada JKN-KIS,” ungkap Zarmanedi. (30/11)

Pria yang sehari-hari bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan kertas, pulp dan kertas kemasan ini merasa JKN-KIS merupakan solusi yang tepat sebagai jaminan kesehatan keluarganya. Walaupun belum pernah menggunakan JKN-KIS untuk penyakit yang berbiaya besar tetapi Ia tetap merasakan manfaat dari JKN-KIS.

“Hingga saat ini Saya menggunakan JKN-KIS jika terjadi demam saja, begitu juga dengan istri dan anak Saya. JKN-KIS sangat bermanfaat bagi setiap keluarga karena kita tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membayar biaya pengobatan,” ucap Zarmanedi.

Ia menambahkan, selain menjadi penjamin dalam permasalahan kesehatan BPJS Kesehatan juga menyediakan fasilitas yang memudahkan. Salah satunya aplikasi Mobile JKN yang bisa digunakan melalui smartphone.

“Pada aplikasi ini terdapat kartu digital sehingga apabila kartu Saya hilang cukup menunjukkan kartu digital melalui aplikasi Mobile JKN. Saya juga bisa melakukan perubahan data, seperti pindah fasilitas kesehatan,” pungkasnya.

Ia juga menceritakan, walau tergolong sedikit ragu untuk menggunakan teknologi terkini karena takut salah dan susah dipahami Zarmanedi mencoba mempelajari pengunaan aplikasi Mobile JKN. Ternyata penggunaan aplikasi Mobile JKN tidaklah rumit seperti yang Ia bayangkan.

“Cukup diunduh melalui Playstore, kemudian lakukan pendaftaran penggunaan aplikasi Mobile JKN. Setelah itu aplikasi dapat digunakan langsung dan kita dapat menikmati menu-menu yang dapat memudahkan urusan kita,” terang Zarmanedi.

Selain itu ia juga menghimbau masyarakat untuk segera mendaftar sebagai peserta JKN-KIS. Walaupun digunakan hanya ketika demam, kita bisa membantu saudara kita diluar sana melalui iuran yang rutin kita bayarkan setiap bulannya.(rls)