Inovasi BPJS Kesehatan Memberi Kemudahan Bagi Peserta JKN-KIS

redaksi
Humas
  • Xnewss.com,Duri - Di era Pandemi saat ini, BPJS Kesehatan kembali memberikan fitur terbaru pada aplikasi Mobile JKN, yakni fitur "Konsultasi Dokter" dan "Antrean online". Hal ini sangat memberikan dampak positif bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS) terutama Peserta yang ada di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Salah satu FKTP di Kabupaten Bengkalis khususnya Kota Duri yang telah menerapkan pendaftaran online itu adalah Klinik Pratama Dian Husada.

  • "Aplikasi Mobile JKN ini sangat memudahkan kami (faskes) dalam memberikan pelayanan kepada pasien yang datang ke Klinik Pratama Dian Husada, apalagi di era pandemi seperti ini,"ujar dr. Radian.

  • Perlu diketahui, fasilitas kesehatan dapat memberikan layanan tanpa tatap muka kepada peserta JKN-KIS melalui kanal konsultasi Dokter di Aplikasi Mobile JKN. Sebelum layanan itu diberikan, peserta JKN-KIS dapat mengirimkan chat untuk memulai layanan konsultasi. Di samping dapat memudahkan pasien, hal ini juga berguna untuk mencegah penyebaran COVID-19.

  • Selain fitur konsultasi dokter, ada fitur lain yang juga memudahkan Klinik yakni fitur pendaftaran pelayanan . Fitur antrean online ini berguna untuk menghindari keramaian di klinik.

  • "Antrean online ini sangat mempermudah kami (faskes) apalagi di era pandemi seperti ini, dan juga memudahkan peserta kami karena mereka tidak perlu mengantre langsung ke klinik dan bisa dilakukan dirumah saja sehingga menghemat waktu apalagi seperti yang kita ketahui Klinik Pratama Dian Husada merupakan salah satu klinik yang kunjungannya cukup tinggi," ujar dr. Radian.

  • Bagi peserta, pemanfaatan antrean online dalam era pandemi ini dapat menguntungkan karena peserta dapat melakukan konsultasi dan mengambil antrean tanpa harus keluar rumah.

  • Bagi FKTP, khususnya Klinik Pratama Dian Husada, aplikasi Mobile JKN membantu untuk memantau peserta JKN-KIS baik yang melakukan konsultasi online dan pengambilan antrean online.

  • "Saya harap, BPJS Kesehatan terus memberikan inovasi terbaru untuk memberikan kemudahan bagi peserta JKN-KIS dan FKTP yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan," tutur dr. Radian. (Red)