BPJS Dumai Ajak Masyarakat Manfaatkan Aplikasi Mobile JKN Ditengah Pandemi Covid-19

redaksi

Xnewss.com,DUMAI - BPJS Kesehatan selaku penyelenggara layanan Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) setiap harinya harus berurusan dengan orang banyak dalam pelayanan.

Mengantisipasi agar tidak menjadi klaster baru penyebaran virus Corona, BPJS Kesehatan Cabang Dumai mengajak peserta JKN-KIS mengunduh aplikasi Mobile JKN meminimalkan penyebaran dan penularan Covid-19 bagi peserta dan calon peserta serta pegawai BPJS Kesehatan.

Hal itu disampaikan oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Dumai, Harie Wibhawa didampingi Humas BPJS Kesehatan Cabang Dumai, Muhammad Syafriadi, Rabu (16/6/2021).

"Ditengah Pandemi Covid-19, masyarakat harus mengubah pola aktivitas untuk mencegah penularan Covid-19. Salah satunya menjaga jarak dan mencegah kerumunan. Untuk itu masyarakat kita ajak untuk mengunduh aplikasi JKN Mobile untuk membatasi interaksi langsung," katanya.

Hal tersebut kami terapkan menindaklanjuti Surat Edaran Direksi BPJS Kesehatan tentang Panduan Pelaksanaan Tugas dan Protokol Kegiatan Kerja Selama Masa Pencegahan Corona Virus Disease 2019 di lingkungan BPJS Kesehatan.

Dijelaskannya, selain mengajak mengunduh aplikasi JKN Mobile, dikantor BPJS Kesehatan Cabang Dumai kami juga menerapkan protokol kesehatan ketat.

"Masyarakat yang datang kekantor wajib menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir atau dengan hand sanitizer sebelum masuk ke ruang pelayanan, menjaga jarak aman antrean dan jarak aman tempat duduk di ruang layanan, peserta juga dilarang duduk di kursi yang sudah diberikan tanda silang merah," tambahnya.

Harie Wibhawa berharap peserta JKN-KIS mengunduh dan memanfaatkan layanan JKN Mobile untuk mensukseskan program pemerintah yaitu sosial distancing.

Melalui aplikasi Mobile JKN masyarakat dapat melakukan aktifitas sama seperti datang kekantor cabang BPJS Kesehatan Dumai.

"Jadi apa yang ingin dilakukan di kantor cabang, sudah bisa dilakukan melalui aplikasi JKN Mobile, peserta tidak perlu datang kekantor BPJS Kesehatan," ungkapnya.

Terkait jumlah peserta yang sudah mengunduh aplikasi tersebut.

Humas BPJS Kesehatan Cabang Dumai, Muhammad Syafriadi menambahkan, jumlah peserta BPJS Kesehatan wilayah kerja cabang Dumai yang sudah mengunduh aplikasi JKN Mobile sebanyak 82.311 peserta.

"Yang sudah mengunduh dan registrasi aplikasi JKN Mobile sebanyak 82.311 peserta, dengan rincian Kabupaten Bengkalis : 27.082 peserta, Meranti 3.727 peserta, Rohil 12.054 peserta, Siak 27.900 peserta dan Kota Dumai 11.548, data tersebut sampai dengan 16 Juni 2021," tutupnya. (Rian)