Mencegah Covid19, Dinkes Kota Dumai Terus Sosialisasikan Kebiasaan Cuci Tangan Pakai Sabun

redaksi

Xnewss.com,DUMAI-- Melalui berbagai cara sosialisasi dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Dumai dalam menyadar kan masyarakat untuk membiasakan diri melakukan cuci tangan pakai sabun (CTPS). Langkah tersebut dilakukan sebagai upaya menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari bakteri yang menempel pada tangan, terutama dalam memutuskan mata rantai Covid-19

" Melalui media sosial baik Instagram, tik tok dan Facebook serta whatshap bahkan tak luput juga mengunjungi panti panti asuhan, pusat rekreasi serta pusat keramaian lainya, kami jadikan momentum untuk terus melakukan sosialisasi kebiasaan cuci tangan pakai sabun kepada masyarakat, baik dengan cara bersenam cuci tangan, maupun berupa himbauan , Ujar Plt Kepala Dinkes kota Dumai Syarinaldi , Sabtu (12/12/20).

Menurut Syarinaldi, CTPS itu penting dilakukan oleh masyarakat khususnya anak-anak. Dengan melakukan cuci tangan pakai sabun maka akan terhindar dari bakteri yang dapat menganggu kesehatan. Juga mengenai 3M yakni Memakai masker, Mencuci tangaan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan

Ada lima waktu penting yang harus diperhatikan dalam melakukan CTPS. Di antaranya setelah dari jamban, setelah membersihkan anak yang buang air besar, dan sebelum menghidangkan makanan.

Selanjutnya, menurutnya mencuci tangan pakai sabun dilakukan sebelum makan karena makanan yang akan masuk ke mulut melalui tangan. Tidak hanya itu, CTPS harus dilakukan setelah memegang hewan atau binatang dan benda kotor.

"Sejumlah hal ini harus diperhatikan. Jadi setelah melakukan kegiatan tersebut segera lakukan cuci tangan dengan sabun agar kebersihan tangan tetap terjaga, serta kesehatan tubuh terus meningkat," jelasnya.

Dirinya juga mengajak masyarakat, khususnya pelajar agar membiasakan hidup sehat. Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) bisa dimulai sejak dini dengan cara sederhana yakni membiasakan diri mencuci tangan menggunakan sabun.

Dengan melakukan cuci tangan pakai sabun (CTPS) , Dirinya berharap masyarakat akan menerapkan pola hidup bersih dengan mencuci tangan, membersihkan jemari tangan sehingga dengan demikian akan terhindar dari berbagai macam penyakit termasuk Covid 19. (Agung)