HPN 2024: Rakernas SMSI 2024 “Bersama Menjaga NKRI”

redaksi
HPN 2024: Rakernas SMSI 2024 “Bersama Menjaga NKRI”

Xnewss.com,Jakarta " Ketua Umum Serikat Media Siberr Indonesia (SMSI), Firdaus Ansueto, mengumumkan persiapan SMSI untuk menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2024.

Mengusung tema “Bersama SMSI Menjaga NKRI’, ritus tahunan SMSI ini akan mengisi momen Hari Pers Nasional (HPN) yang kali ini dimundurkan waktunya karena berdekatan dengan imlek dan Pemilu 2024.

Rakernas SMSI akan dihadiri oleh pengurus SMSI pusat dan wilayah SMSI dari 37 provinsi di Indonesia.

SMSI, yang menaungi lebih dari 2.000 media siber, melalui Rakernas ini ingin memaknai kembali HPN sesuai dengan nilai-nilai sebagaimana kelahirannya.

“Peran penting wartawan untuk mobilitas pers di manapun itu, termasuk Indonesia, tak bisa lepas dari keberadaan wartawan dalam proses pengumpulan, penyajian, sampai penyebaran informasi bagi masyarakat,” kata Firdaus di Jakarta, Selasa (13/2/2024).

Ia menyoal HPN dalam melakssnakan peran ganda untuk mewujudkan kemerdekaan bangsa.

Menyinggung HPN dan Rakerna SMSI, Firdaus menyebut wartawan telah menyumbang peran ganda dalam mewujudkan kemerdekaan bangsa.

Ditetapkannya HPN terkait erat dengan PWI dan menjadi salah satu butir hasil Kongres PWI ke-28 pada tahun 1978 di Padang.

Keputusan tersebut kemudian disampaikan pemerintah melalui Dewan Pers.Setelah perjalanan panjang, pada tahun 1985, tanggal 9 Februari resmi ditetapkan sebagai Hari Pers Nasional oleh pemerintah pada era Orde Baru di bawah kepemimpinan Soeharto. ***