Hati-Hati!!! Akun Facebook PLH Walikota Dumai Dicloning

redaksi

DUMAI- Akun media sosial Facebook milik Plh walikota Dumai di cloning oleh oknum yang tidak bertanggungjawab guna mengambil keuntungan.

Dengan modus membuka penggalangan dana bantuan sosial, akun facebook cloning (membuat nama dan menggunakan foto yang sama) atas nama Plh Kota Dumai Herdi Salioso menghubungi sejumlah pihak untuk meminta bantuan dana sosial dengan pemungutan dana melalui sistem transfer rekening bank.

Kabid IKP Diskiminfo Kota Dumai Muhamad Saddam ketika dikinfirmasi, Selasa (22/12) membenarkan adanya upaya oknum tidak bertanggungjawab yang mengcloning akun media sosial facebook Plh Walikota Dumai Herdi Salioso tersebut.

"Dengan aku facebook cloning tersebut pelaku meminta pertemanan kepada sejumlah akun media sosial dengan mengaku sebagai Plh Walimita Dumai. Melalui percakapan di masengger FB pelaku mengaku sedang melakukan penggalangan dana sosial dan meminta para korbannya mengirim sejumlah dana," ujar Saddam

Dalam pesannya tertulis bahwa penggalangan dana dikumpulkan melalui transfer lewat rekening bank yang tidak atas nama pribadi Plh Walikita Dumai, namun ditransfer ke rekening yang mana sebelumnya oknum bernama Dita Amelia Rahman, kini oknum tersebut beratasnamakan Indah Setia Sari, terang mantan Kasubag Protokoler Kota Dumai ini.

Kita telah mengkonfirmasi bahwa akun pribadi Plh Walikota Dumai tersebut telah dikloning atau digandakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dengan menggunakan informasi serupa guna mengelabui targetnya.

“Diinformasikan, bahwa akun Facebook Plh Walikota Dumai, H Herdi Salioso telah dikloning, dan pada kesempatan ini juga disampaikan bahwa beliau sudah tidak menggunakan media sosial tersebut. Mohon agar tidak menanggapi permintaan pertemanan terlebih ketika ada permintaan bantuan baik melalui FB, HP ataupun lainnya,” ucap Saddam.

Oleh karenanya, penggalangan dana yang mengatasnamakan Plh Walikota Dumai tersebut tidaklah benar dan telah melakukan penipuan berkedok Baksos dengan menggunakan akun cloning Bapak H Herdi Salioso. Masyarakat dihimbau agar lebih berhati-hati ketika menerima pesan yang memanfaatkan media sosial ataupun WA yang tidak jelas.

"Kita mengetahuinya setelah salah seorang teman korban menelpon langsung Plh Walikota Dumai guna memastikan apakah akun face book dengan nama Herdi Salioso dan foto Plh walikota Dumai yang menghubungi dirinya melalui Facebook guna melakukan penggalangan dana tersebut," terang Saddam.

Sampai saat ini kita belum ada melaporka hal tersebut kepada pihak kepolisian dan kita harap masyarakat tidak tertipu dengan penggalangan dana mengatasnamakan PlH Walikota dan Penerintah Kota Dumai.

"Masyarakat jangan tertibu dan cek dulu kebenarannya jika ada yang meminta bantuan sosial baik secara langaung maupun melalui media sosial," ingat Saddam.

Sementara itu Rizal Husain salah seorang yang sempat dihubungi akun cloning Plh Walikota Dumai Herdi Salioso mengaku sempat dimintai mengirimkan uang guna pengumpulan dana bantuan sosial.

"Awalnya mereka meminta pertemanan dan saat kita terima langsung dimesengger melalui face book serta meminta bantuan penggalangan dana dan mentransfer uang ke rekening mengataskan nama orang lain," ujar Rizal.

Sempat curiga saya bahkan disuruh mengirim nomor Handphone atau Whatapp untuk terus berkoordinasi lebih lanjut terkait bantuan sosial tersebut, pungjas Rizal. (Red)