2.190 PPKS Kota Dumai Terima Bantuan Sosial

redaksi
2.190 PPKS Kota Dumai Terima Bantuan Sosial

Xnewss.com,DUMAI- Pemerintah Kota Dumai bersama unit pelayanan terpadu (UPT) Sentra Abiseka Kemensos RI Pekanbaru menyerahkan bantuan sosial kepada pemerlu pelayanan kesejahteraaan sosial (PPKS) khususnya penyandang distabilitas, lanjut usia dan anak yang terdampak stunting di Kota Dumai dalam bentuk asistensi sosial (Atensi) dan bantuan dari Pemko Dumai.

Sebanyak 2.190 orang penerima manfaat akan di Kota Dumai akan mendapatkan bantuan sosial yang akan dibagikan di 8 posko penyaluran mulai Senin hingga Sabtu mendatang (13-18 Maret 20223), yang mana pembagian secara simbolis dilakasanakan di gedung Pondopo Dumai, Senin (13/3).

Kepala Dinas Sosial Kota Dumai, drg. Hermiyati mengatakan sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimkasih atas perhatian Kementerian Sosial melalalui UPT Sentra Abiseka yang sudah membantu Pemko Dumai dalam membantu masyarakat pemerlu pelayanan keksejahteraan di Kota Dumai.

“Untuk kegiatan kali ini ada 2.190 masyarakat penerima manfaat yang terdiri dari 1952 orang penyandang distabilitas dan lansia se Kota Dumai berasal dari dana DID, 101 orang penerima manfaat dari APBN melalaui sentra Abiseka Kemensos RI diantaranya berupa sepeda motor roda 3, mesin pompa air untuk kewirausahaan dan sembako dan nutrisi untuk anak serta 137 penerima manfaat kepada anak-anak terindikasi stunting dalam bentuk bantuan sembako dan nutrisi,” ujar Hermiyati.

Dimana nantinya penerima manfaat untuk anak stunting akan kita berikan bantuan pangan bergizi berbentuk voucher senilai Rp250 ribu yang dapat ditukarkan ke gerai-gerai bulog berupa 1 KG daging, 5 Kg beras, 1 papan telur, 3 bungkus biskuit dan 1 kaleng susu selama satu tahun yang dananya bersumber dari APBD Dumai, tanmbahnya.

Sementara itu Kepala UPT Sentra Abiseka Kemensos RI Pekanbaru, Agus Hasyim mengatakan PPKS adalah pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial. Mereka ini adalah perseorangan, keluarga, kelompok atau masyarakat yang karena suatu hambatan, kesulitan, atau gangguan, tidak dapat melaksanakan fungsi sosialnya.

"Sehingga memerlukan pelayanan sosial, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya baik jasmani dan rohani maupun sosial yang memadai," terangnya.

Ia menjelaskan, asesmen komprehensif ini dilakukan kepada penerima manfaat (PM), sesuai dengan data usulan dari pendamping di daerah yang berjumlah 101 orang terdiri dari disabilitas, lansia dan kelompok rentan.

"Asesment ini berupa wawancara kepada PM, terkait masalah kebutuhan. Agar nantinya penyaluran bantuan sesuai dengan kebutuhan masing-masing," paparnya.

Kami, sebagai Unit Pelaksana Teknis Kementerian Sosial RI, Sentra Abiseka Pekanbaru sebagai kepanjangan tangan untuk melaksanakan kegiatan penyaluran ini agar bantuan tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan. Dibantu oleh Dinas Sosial dan pendamping sosial di lapangan, telah berhasil mengumpulkan data sebanyak 801 PPKS untuk wilayah Kota Dumai.

“Dari 801 yang telah dilayani pada tahun 2022 sebanyak 93 orang dan untuk kegiatan tahun 2023 pada bulan ini sebanyak 100 orang yang terdiri dari 57 disabilitas, 33 lansia, 3 Napza/odha, dan 7 rentan. Dimana jenis bantuan yang diserahkan dengan nilai Rp 206.148.102 yang terdiri dari 49 paket sembako, 86 paket nutrisi dan 71 family kit serta dukungan aksesibilitas 1 unit kendaraan roda tiga, 7 unit kursi roda standar, 1unit kursi roda 2 in 1, 1 unit kursi roda Cerebal Palsy (CP), 1 unit stroler anak, 5 unit kruk, 3 unit alat bantu dengar, 2 unit tongkat netra biasa, 2 unit tongkat kaki 2, 2 unit tongkat kaki 1 dan 2 unit kaca mata baca,” ujarnya. (Tim)