Masifnya Aktivitas Jasa Kapal Ekspedisi di Karimun, Begini Modusnya

redaksi
Masifnya Aktivitas Jasa Kapal Ekspedisi di Karimun, Begini Modusnya

Xnewss.com,Batam-Masifnya akitivitas pengangkutan paket barang melalui jasa kapal ekspedisi di Karimun, Kepulauan Riau, kini bahkan dilakukan secara terang-terangan.

Para 'pemain' bisnis ini nekat beroperasi di siang bolong tanpa merasa khawatir terhadap pengawasan dan pemeriksaan petugas terkait yang berwenang.

Kondisi ini jelas terlihat di kawasan Kam Kong, Meral. Tampak satu unit mobil pickup melakukan pemuatan barang yang sebelumnya telah disusun di sebuah gudang ruko berteralis besi.

Menurut salah seorang warga yang enggan disebutkan namanya, aktivitas ini telah berlangsung sejak lama.

Seluruh barang yang diangkut tersebut berasal dari kapal logistik yang umumnya datang dari wilayah Free Trade Zone (FTZ), yakni Kota Batam.

"Asal barang-barang itu ya dari Batam, sebagai besar akan dihantarkan ke para konsumen yang menggunakan jasa mereka," ujar sumber tersebut.

Bahkan, informasi diperoleh barang muatan di atas kapal bernama KM Samudera 5 itu sendiri diduga berisi rokok hingga pakaian bekas atau ballpress.

Untuk itu, hal ini yang amat perlu mendapat pengawasan ekstra aparat dan otoritas terkait di Kabupaten Karimun.

Sebab, dikhawatirkan akan menjadi celah untuk menyelundupkan barang-barang ilegal ke wilayah Karimun.

"Apalagi kan Kota Batam ini kawasan perdagangan bebas, sedangkan kita Karimun hanya beberapa kawasan saja," ungkapnya. (Tim)