Kapal Ekspedisi di Karimun Terang-terangan Over-Ship Muatan, di Mana Pengawasan?

redaksi
Kapal Ekspedisi di Karimun Terang-terangan Over-Ship Muatan, di Mana Pengawasan?
Xnewss.com,Batam-Perusahaan jasa ekspedisi paket logistik Asna Group terang-terangan melakukan aktivitas over-ship barang muatan di kawasan Meral, Kabupaten Karimun.


Terlihat, pemindahan barang muatan dilakukan dari atas kapal kayu bernama KM Samudera 5 ke atas kapal jenis speedboat oleh sejumlah pekerja.


Informasi diperoleh, kapal kayu tersebut diduga sebelumnya berasal dari Batam. Saat tiba di Karimun, barang muatan dipindahkan ke kapal Asna Group untuk diangkut menuju Riau Daratan.


"Katanya mau dibawa ke Riau Daratan seperti pekan baru," ujar seorang sumber yang enggan disebutkan identitasnya, Kamis (7/3).




Muatan tersebut biasanya berisi berbagai jenis barang seperti karpet, barang keperluan rumah tangga, diduga ballpress, dan barang impor lainnya.


Sayangnya, tidak tampak satu pun petugas terkait yang melakukan pengawasan terhadap aktivitas tersebut.


Dengan demikian, hal ini tentu saja sangat memungkinkan masuknya barang-barang ilegal yang akan diselundupkan baik ke wilayah Karimun maupun daerah lainnya.


Apalagi, barang paket logistik itu dibawa dari wilayah perdagangan bebas (FTZ) Kota Batam. Sehingga ketentuan pengangkutan barang memilik regulasi tersendiri yang mendasarinya.


"Jangan sampai ini menjadi celah yang bisa dimanfaatkan mereka-mereka untuk menyelundupkan barang-barang ilegal. Maka harus diawasi secara ketat," katanya. (Tim)