Bongkar Muatan Kapal Ekspedisi di Karimun Makin Leluasa

redaksi
Bongkar Muatan Kapal Ekspedisi di Karimun Makin Leluasa
Xnewss.com,Batam-Aktivitas kapal-kapal bermuatan barang logistik belakang kian leluasa, di wilayah Karimun, Kepulauan Riau. Kondisi ini tentu perlu mendapat pengawasan ekstra dari aparat dan otoritas terkait.


Masifnya aktivitas itu dikhawatirkan bisa menjadi celah, sehingga memunculkan eskalasi yang nyata terhadap masuknya barang-barang ilegal ke wilayah Karimun.


Berdasarkan pantauan, aktivitas ini terlihat di kawasan Kam Kong, Meral. Tampak kapal ekspedisi KM Samudera 5 membawa berbagai jenis barang.


Barang-barang itu diduga seperti karpet bekas, rokok hingga barang impor lainnya.


"Aktif setiap hari kapal masuk, barangnya bermacam-macam seperti karpet bekas, dan barang lain. Kebanyakan ditutupin pakai terpal," ungkap seorang sumber kepada media ini.


Menurutnya kapal-kapal itu berangkat dari wilayah Batam dan setiap hari hilir-mudik sandar di pelabuhan tidak resmi di kawasan tersebut.


Sedangkan untuk barang muatan biasanya akan diantar menuju toko-toko yang sebelumnya menggunakan jasa ekspedisi untuk mengangkut seluruh barang paket tersebut.


"Sampai di pelabuhan, diangkut dan langsung diantar ke masing-masing toko atau konsumennya," jelasnya.


Dengan demikian, aktivitas ini sudah seharunya menjadi atensi aparat terkait, karena dikhawatirkan bisa menjadi jalur masuknya barang-barang ilegal, atau bahkan yang lebih ekstrem yakni narkoba. (Tim)