71 Kendaraan Terjaring Razia Balapan Liar Di Jembatan Pelindo

redaksi

Xnewss.com,DUMAI- Memberikan rasa aman kepada pengendara dan pengguna jalan, Satlantas Polres Dumai kembali menggelar razia balapan liar yang kali ini dilaksanakan di Jembatan Pelindo Dumai, Senin (30/1) sore.

Sebanyak 71 kendaraan diamankan pihak kepolisian bersama 107 orang yang dimintai keterangan terkait aksi balapan liar tersebut. Dimana dari 71 kendaraan yang diamankan, 20 kendaraan yang dipastikan ikut dalam balapan liar sementara sisanya diamankan berada dilokaai balapan baik menonton maupun pelanggaran lainnya.

"Kita tegas terhadap aksi pelanggaran lalulintas terutama aksi balapan liar di Kota Dumai ini dan semuanya akan kita berikan sanksi tegas seperti denda maksimal serta melambatkan masa sidang sebagai efek jera kepada pelaki belapan liar," ujar Kapolrea Dumai AKBP Andri Ananta Yhudistira.

Dikatakan Kapolres pelanggaran lalulintas terutama penertiban balapan liar ini berawal dari adanya laporan masyarakat tentang adanya aksi balapan liar dan sebagai upaya penertiban yang kita lakukan menindaklanjuti razia balapan liar yang kita lakukan sebelumnya yang dinilai belum optimal.

Masih banyak masyarakat pengguna jalan, khsususnya anak anak yang berkendara tanpa menggunakan SIM dan membawa motor secara ugal ugalan dan melakukan balapan liar, kata Kapolres.

"Sebelum melakukan razia kita sebelumnya juga memvidio kegiatan balapan liar yang dilakukan oleh pengendara sebelum dilakukan razia yang nantinya sebagai barang bukti dalam persidangan untuk memberikan mereka hukuman maksimal saat peraidangan," terang Kapolres.

Sementara itu, Kasat Lantas AKP Agustinus Chandra Pietama, SIK menambahkan, Terhadap mereka yang kita amankan akan kita terapkan pasal 115 undang undang nomor 22 tahun 2009 dengan denda makaimal sebesar Rp3 juta. Sementaara bagi penonton atau masyarakat yang kita amankan saat razia namun tidak mengikuti razia akan kita jerat dengan pasal 106 tentang parkir dibadan jalan dengan denda Rp 250 ribu, tegas Kapolres.

"Saat melakukan pengamanan balapan liar ini 70 persen diantaranya adalah anak dibawah umur dan kita sangat menyayangkannya," tutup Kasat Lantas Polres Dumai. (Agung)