Warga Membandel Tidak Pakai Masker, Tim Operasi Yustisi Kenakan Sanksi Sosial

redaksi
Sar
  • Xnewss.com, Dumai - Operasi Yustisi di Kecamatan Bukit Kapur Dumai. Tepatnya di jalan Pawang Sidik, Kelurahan Bukit Nenas, Belasan warga yang melanggar protokol Kesehatan mendapat sanksi sosial.

  • Kapolsek Bukit Kapur AKP Akira Ceria SIK mengatakan, belasan pelanggar tersebut terjaring operasi pada pukul08.30 WIB sampai 11.00 WIB. Mereka kebanyakan tidak menggunakan masker saat keluar rumah, baik pengendara sepeda motor maupun berjalan kaki.

  • "Operasi Yustisi ini melibatkan semua personil Polri, TNI Babinsa, pihak Kecamatan, Kelurahan, BPBD, Satuan polisi Pamong Praja dan Kesbang Polinmas, untuk sosialisasi dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penularan Covid-19 agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan," ujar Akira, kepada wartawan, Kamis (22/10/2020).

  • Berdasarkan ketentuan yang ada kata Akira, masyarakat yang membandel tidak gunakan masker saat berada di luar rumah, dikenakan sanksi sosial dan administrasi berupa menggunakan baju warna hijau bertuliskan pelanggar Perda dan membersihkan lingkungan pasilitas umum. Lalu di data untuk memastikan perubahan prilakunya kedepan.

  • "Ya hukuman-hukumannya kerja sosial, kegiatan itu terlaksana pada Selasa (20/10/2020) kemarin. Dan personil Polsek akan terus melakukan sosialisasi setiap harinya," ungkap Akira.

  • Akira mengakui, sebagian diantara mereka yang melanggar ada juga yang ngeyel ketika ditegur dengan cara mendebat petugas. Meski begitu, pihaknya tetap menegaskan setiap pelanggaran harus ditertibkan.

  • "Ya debat-debat biasalah yang katanya ada makser. tapi tidak dipakai atau makainya tidak sempurna, seperti memakai masker dari hidung, mulut, dagu. Banyak yang kita lihat pakai masker tidak sempurna dan ada juga tidak pakai masker," tuturnya.

  • Untuk kedepannya, dirinya berharap pada masyarakat, agar taat melakukan protokol kesehatan, demi kesehatan dirinya dan keluarga yang tercinta, selalulah cuci tangan, gunakan masker dengan baik, laksanakan distancing kesehatan dan hindari berkumpul kumpul. (xn5)