Persiapkan Generasi Sesuai Kebutuhan Industri.Walikota Dumai Buka Latihan Las

Mass Arie
Xnewss.com DUMAI-Walikota Dumai H Paisal SKM MARS menyampaikan agar perusahaan beroperasi di Kota Dumai untuk melaporkan kebutuhan skill yang diperlukan atau di butuhkan. Dengan demikian Pemko Dumai dapat menyiapkan sumber daya manusia (SDM) dengan melakukan pelatihan.


Hal itu disampaikannya saat membuka pelatihan pengelasan Listrik Pipa Minyak Tahap Pemula yang ditaja

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Dumai bersama

Prodi Teknik Perminyakan dan Prodi Teknik Mesin yg yang didukung oleh LPPM-UIR , Jum’at (19/03/2021).


Kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya meningkatkan ketrampilan dan keahlian masyarakat generasi muda, khususnya bagian pengelasan listrik. Dimana pemerintah akan mempersiapkan Sumber daya Manusia sesuai kebutuhan perusahaan dengan melakukan berbagai persiapan terutama pelatihan, tegas Walikota Dumai ini.


Menurut Wako Dumai, Disnakertrans Dumai akan melakukan road show ke perusahaan untuk mendata kebutuhan tenagakerja di perusahaan yang beroperasi di Kota Dumai ini.


Setelah data lengkap, selanjutnya akan dilakukan pelatihan guna mempersiapkan keahlian dan keterampilan tenaga kerja termasuk tenaga skill yang dibutuhkan.


“Kalau SDM kita sudah siap, tak ada lagi alasan perusahaan untuk tidak menerima tenaga kerja Dumai,” jelasnya.


Generasi Dumai tidak boleh mengangur, karena perusahaan diwilayah ini banyak. Kalau mereka butuh ISO kita siapkan, ungkapnya.


Sementara itu Dekan Teknik UIR DR Muslin ENG menjelaskan, pelatihan dilaksanakan untuk mempersiapkan SDM Dumai khusus untuk keteknikan.


Kota Dumai terkenal sebagai kota industri yang harus dikelola maksimal. Untuk itu dibutuhkan pelatihan tenaga kerja. Tak hanya memperoleh sertifikat tapi bisa dimagangkan di perusahaan.


“Pelatihan dilakukan sesuai kebutuhan perusahaan. Bagaimana masyarakat Dumai ikut berperan di industri. Harus memiliki keterampilan. Masalah SDM nomor satu. Manfaatkan betul peluang ini, agar mampu berkompetisi,” pintanya sambil menyelaskan kegiatan akan dilaksanakan di Balai Latihan Tenaga Kerja diwilayah Bukit Timah sesuai kesepakatan bersama PLT Kepala Dinas Tenaga Kerja Syarinaldy SSOS.(ck5)

Penulis
: Mass Arie