Capaian Vaksinasi Lansia di Dumai Baru 30 Persen, Ini Kendalanya

redaksi
Capaian Vaksinasi Lansia di Dumai Baru 30 Persen, Ini Kendalanya
F. Dok
PLT Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai dr Syaiful

Xnewss.com, Dumai - Kelompok lanjut usia (Lansia) memiliki resiko lebih tinggi tertular virus corona dibandingkan kelompok usia muda. Maka dari itu Pemerintah Kota Dumai masih memprioritaskan layanan vaksinasi bagi lansia.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Dumai dr. Syaipul mengungkapkan, sasaran vaksinasi Lansia di Kota Dumai sebanyak 16.000 jiwa. Capaiannya baru 30 persen atau 4.800 jiwa yang sudah di vaksin Covid-19.

"Sasaran vaksinasi Lansia 16.000 jiwa. Capaiannya baru 30 persen atau sekitar 4.800 jiwa data tersebut merupakan update hingga 17 November 2021," kata dr. Syaipul, Kamis (18/11/2021).

Menurut Syaipul, capaian tersebut masih sangat rendah dari target yaitu 9.600 jiwa atau 60 persen dari sasaran vaksinasi Lansia.

Syaipul menyebut pelaksanaan vaksinasi Covid-19 terhadap lansia mengalami kendala. Lantaran, banyak yang memiliki penyakit penyerta (komorbid).

"Hampir sebagian besar para lansia memiliki riwayat penyakit penyerta atau komorbid yang tidak memungkinkan untuk dilakukan vaksinasi," tambah Syaipul.

Perlu kita ingat, bahwa kelompok Lansia memiliki faktor risiko lebih berat dibandingkan kelompok usia muda. Maka Pemerintah berupaya mendekatkan layanan vaksinasi agar bisa dijangkau kelompok lansia.

Selain memiliki penyakit penyerta, kendala lainnya yaitu masih banyak Lansia yang tidak mau di suntik vaksin. Mereka takut vaksin Covid-19 dapat memicu penyakit lainnya.

Syaipul menegaskan bahwa vaksin Covid-19 aman bagi lansia, guna meyakinkan itu, kami dari Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Satgas Covid-19, TNI dan Polri terus berupaya untuk meningkatkan cakupan vaksinasi lansia melalui pendekatan, edukasi dan sosialisasi ke masyarakat serta memberi pemahaman agar para lansia bersedia mengikuti vaksinasi.

"Kami juga berharap pihak keluarga memberikan pemahaman kepada orang tuanya agar bersedia di suntik vaksin untuk meningkatkan imunitas dan melindungi diri dari resiko tertular virus Corona. Karena lansia paling berisiko jika terpapar virus Corona," tegasnya.

Terakhir Syaipul mengajak masyarakat Dumai untuk tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) seperti menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

"Tanpa terkecuali bagi masyarakat yang sudah di suntik vaksin, juga harus menerapkan protokol kesehatan ketat untuk mencegah penularan virus Covid-19. Kesadaran agar menggunakan masker saat keluar rumah harus ditingkatkan, sebab virus Corona masih ada dan salah satu cara untuk mencegah penularan Covid-19 adalah menerapkan protokol kesehatan ketat," pungkasnya. (Rian)