Bernilai Ekonomi Tinggi, Lanal Dumai Gelar Sosialisasi Budidaya Udang Vaname

redaksi
Sar
  • Xnewss.com, Dumai - Pangkalan TNI Angkatan Laut Dumai menggelar sosialisasi budidaya udang Vaname kepada masyarakat sekitar pesisir nelayan dan sejumlah personil TNI yang diberikan selama dua hari, di gedung Wijaya Kusuma pada, Senin (05/04/2021) pagi.

  • Kegiatan sosialisasi yang diikuti sekitar 100 orang itu bertujuan meningkatkan penanggulangan TNI yang terdapat di sejumlah wilayah perbatasan. Selain itu nantinya dapat menjadi motivasi bagi nelayan dalam meningkatkan prekonomian masyarakat pesisir.

  • Komandan Pangkalan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) DumaiKolonel Laut (P) Himawan MMSMC menjelaskan kegiatan ini digelar selama dua hari, dan mereka mendapatkan sejumlah pelatihan tentang budidaya udang.

  • "Kegiatan ini kita gelar selama dua hari, ada tiga materi nntinya yang diberikan. Yakni budidaya udang vaname, budidaya ikan air tawar dan cara membudidaya menggunakan tambak apung," ungkap Danlanal Dumai Kolonel Laut (P)Himawan saat diwawancarai sejumlah awak media, padaSenin (05/04/2021) pagi.

  • Dijelaskan Danlanal Dumai, kegiatan ini juga sebagai bentuk amanat untuk terus melalukan pembinaan terhadap TNI Angkatan Laut kepada masyarakat terlebih yang terdapat diwilayah perbatasan laut yang menjadi wilayah kerjanya.

  • "Harapan kita setelah selesai kegiatan ini. Lanal Dumai akan terus bersinergi dengan Pemerintah Kota dan Provinsi Riau khususnya. Kedepanya kita akan lihat apakah ada bantuan dari provinsi dan daerah sehingga bisa membantu masyarakat pesisir dalam hal budidaya ini," ungkap Danlanal.

  • Lebih lanjut, ditambahkan Danlanal melelihat potensi yang dihasilkan dari budidaya udang vaname ini menjadi salah satu pendorong Lanal Dumai memberikan sosialisasi tersebut kepada masyarakat pesisir.

  • "Budidaya udang vaname yang sangat berpotensi itu mendorong kita membantu masyarakat dalam meningkatkan ekonomi mereka untuk lebih mandiri terlebih disaat masa-masa pandemi seperti saat ini," jelasnya.

  • Kabid PemberdayaanPerikanan Kota Dumai Isroyanti menambahkan, Pemko Dumai akan terus mendukung kegiatan Lanal Dumai dalam meningkatkan kemandirian masyarakat nelayanpesisir. "Dinas Perikanan akan selalu bersinergi. Hal itu dengan mensupport dalam bentuk sosialisasi udang vaname dan bagaimana budidaya udang terbaik kepada masyarakat nelayan pesisir," ujarnya.


  • Terakhir dijelaskan Isroyanti, kegiatan dalam meningkatkan kemandirian masyarakat inj juga merupakan dukungan terhadap program Walikota Dumai. Pihaknya juga melihat peluang ekonomis tinggi dari budidaya udang vaname sehingga akan terus melakukan dukunganya.

  • "Ini merupakan dukungan program Walikota Dumai. Sehingga Dinas Perikanamakan mendukung serta support budidaya udang vaname tersebut. Nantinya budidaya inisangat ekonomis tinggi dan insyallah akan sangat terbaik," pungkas Kabid Perikanan Kota Dumai. (Sar)