Polsek Dumai Kota Sediakan Fasilitas Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

redaksi

Xnewss.com,DUMAI- Pagi itu, Sabtu 28 November 2020 sekira pukul 08.00 WIB, tampak beberapa anak berpakaian lengkap seragam sekolah mendatangi parkir yang terdapat di Polsek Dumai Kota, Provinsi Riau.

Hal itu bukan lah pemandangan biasa, dimana sejak Pemerintah menginstruksikan seluruh fasilitas pendidikan untuk memberlakukan pembelajar secara online dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19, peserta didik tak lagi dapat menggunakan seragamnya.

Tentunya, hal itu bertolak belakang dengan pemandangan di atas. Dengan senyum semeringah bocah bernama Adit (8) Warga Jalan Bintan, Kelurahan Bintan, Kecamatan Dumai Kota, Kota Dumai itu duduk bersama rekannya menunggu seseorang entah itu siapa.

Rasa gembira terpancar dari raut wajah bocah yang mengenakan pakaian merah putih itu, ia sesekali bercanda dan tertawa dengan rekannya dengan menarik masker yang temannya gunakan sambil menyandang tas yang dibawanya ke Kantor Polsek Dumai Kota.

Ketika ditanya, apa tujuan ia bersama-sama rekannya mendatangi kantor polisi dengan menggunakan pakaian lengkap sekolah?, dengan tersipu ia menjawab bahwa ia bersama rekan-rekannya ingin mengikuti proses belajar online yang disediakan pihak Polsek Dumai Kota bentuk kepedulian terhadap pendidikan ditengah pandemi Covid-19.

"Mau belajar, kalau belajar di rumah tidak ada komputer (laptop, red). Karena sekarang tidak boleh belajar di sekolah, ada Corona," ujar polos bocah berkulit sawo matang itu didampingi orangtuanya Dhani (56) dalam mengikuti proses belajar di kantor polisi tersebut.

Diketahui, Jajaran Polsek Dumai Kota menyediakan fasilitas belajar mengajar lengkap bagi masyarakat menengah kebawah untuk anaknya mengikuti proses belajar mengajar ditengah pandemi yang diberi nama Pojok Daring Polsek Dumai Kota.

Pojok Daring Polsek Dumai merupakan lahan parkir berukuran 3x5 meter dimanfaatkan untuk menjaga mutu pendidikan di Kota Dumai ditengah pandemi Covid-19. Bukan hanya, Polsek Dumai Kota yang merupakan jajaran Polres Dumai juga menyediakan peralatan daring mulai dari Laptop, Internet dan peralatan tulis untuk peserta didik.

Sebagaimana diketahui tidak sedikit orang tua atau wali murid yang menjerit atas kebijakan pemerintah memberlakukan sistem belajar secara daring. Bagaimana, tidak ditengah hantaman pandemi Covid-19 segala sektor tertanggung. Terutama, bagi masyarakat dikalangan menengah ke bawah.

Akan tetapi, kebijakan pemerintah itu tidak beralasan, pembelajaran secara online itu merupakan salah satu upaya pemerintah memutuskan mata rantai penularan Covid-19 dilingkungan pendidikan.

Dhani (56) yang merupakan orangtua Adit mengatakan, dengan diberlakukannya sistem belajar secara online ini mengharuskan mereka untuk mempunyai peralatan daring lengkap, seperti laptop, jaringan WiFi dan minimal harus mempunyai gadget atau handphone android untuk mengikuti proses belajar mengajar di masa pandemi Covid-19.

"Boro-boro mau beli handphone android, bisa makan saja dimasa Pandemi ini sudah bersyukur," ungkap orang tua Adit.

Pria yang kesehariannya berprofesi sebagai pedagang kecil-kecilan itu menceritakan, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari apalagi ditengah pandemi Covid-19 ia harus membanting tulang, segala peluang yang bisa menghasilkan uang ia lakoni.

"Kalau hanya mengharapkan hasil dagangan saja tidak cukup menghidupi anak-anak, harus kerja ekstra. Bahkan, kita harus mengikuti kerja sampingan seperti ikut menjadi buruh bangunan untuk memenuhi kebutuhan keluarga," ungkap pria paruh baya itu.

Disamping itu, dengan adanya Pojok Daring Polsek Dumai Kota ditengah terpaan badai Covid-19 menjadi solusi bagi mereka dikalangan menengah ke bawah, dimana anak-anak mereka bisa mengikuti proses belajar mengajar dengan peralatan yang lengkap dan memadai.

"Terimakasih Polsek Dumai Kota yang berinisiatif memberikan pelayanan berbentuk fasilitas pendidikan kepada masyarakat kurang mampu seperti kami, sehingga anak-anak kami bisa mengikuti pembelajaran dengan baik," tuturnya.

Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudhistira melalui Kapolsek Dumai Kota IPTU Hardiyanto menyebutkan, Pojok Daring ini diluncurkan menjawab tantangan ketika pandemi Covid-19 melanda, stabilitas pendidikan harus tetap terjaga.

"Program Pojok Daring Polsek Dumai Kota guna bertujuan membantu anak-anak dan orang tua yang kesulitan dalam hal penyediaan paket internet serta penyediaan perangkat smartphone dan laptop dalam masa Pandemi Covid-19 untuk menjalani proses pembelajaran secara online.

"Program Pojok Daring Polsek Dumai Kota ini merupakan bentuk nyata kepedulian kita kepada dunia pendidikan dan masyarakat kurang mampu yang kesulitan dalam menyediakan fasilitas pembelajaran secara online ditengah pandemi Covid-19 ini," ujar Kapolsek Dumai Kota IPTU Hardiyanto.

Menurutnya, dibentuknya Pojok Daring ini bergerak dari banyaknya keluhan masyarakat terutama dikalangan menengah ke bawah yang anaknya kesulitan untuk mengikuti proses belajar mengajar secara online.

"Maka dari itu, kita berinisiatif dan bekerjasama dengan beberapa pihak untuk memberikan fasilitas pendidikan kepada masyarakat yang membutuhkan ditengah pandemi Covid-19," paparnya.

Adapun fasilitas yang disediakan Pojok Daring Polsek Dumai Kota yaitu 4 unit Laptop, WiFi, meja dan kursi belajar disediakan selayaknya peserta didik belajar seperti biasanya dan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 tentunya tetap menggunakan masker, face shield, tempat cuci tangan dan menyediakan hand sanitizer.

"Bukan hanya itu, kita juga tidak melepas sepenuhnya peserta didik untuk belajar atau menggunakan fasilitas Pojok Daring Polsek Dumai Kota akan tetapi kita menyediakan petugas atau pembimbing agar membantu anak-anak dalam proses pembelajaran secara online," sebut pria yang kerap disapa Anto itu.

Ia juga menghimbau bagi seluruh masyarakat yang ingin menikmati fasilitas Pojok Daring Polsek Dumai Kota ini bisa menghubungi Pihak Bhabinkamtibmas dilima Kelurahan se Kecamatan Dumai Kota atau menghubungi Call Center Polsek Dumai Kota melalui WhatsApp 0821-7205-1208.

"Semoga dengan program Pojok Daring Polsek Dumai ini sedikit banyaknya bisa membantu masyarakat kurang mampu yang kesulitan mengikuti proses pembelajaran secara online dan dapat meningkatkan mutu pendidikan di Kota Dumai meski di tengah pandemi Covid-19," harapnya.

Ia juga menambahkan, bahwa pihaknya berkomitmen Pojok Daring Polsek Dumai Kota akan terus melayani masyarakat, hingga proses belajar mengajar tatap muka kembali diberlakukan di seluruh sekolah di Kota Dumai.(Agung)