Sambut Ramadhan, Warga Murini Goro Bersihkan Masjid Nurul As'Ad

redaksi
Humas
  • Xnewss.com, Dumai - Warga jalan Garuda Simpang Murini RT 12, RT 11 Kelurahan Bukit Nenas, Kecamatan Bukit Kapur Kota Dumai, menyambut bulan suci Ramadhan dengan gotong royong membersihkan masjid Nurul As'Ad untuk kenyamanan ketika beribadah sehingga lebih khusyuk.

  • "Meski gotong royong sering dilaksanakan pada bulan bulan biasanya, namun tradisi gotong royong yang sudah berlangsung secara turun temurun pada setiap menyambut bulan suci Ramadhan, karena dengan suasana Masjid bersih dan rapi pelaksanaan ibadah menjadi lebih khusyuk," jelas ketua RT 11 Alan di dampingi pengurus masjid Santoso, Turianto dan Suwito SPd, Minggu (04/04/2021).

  • Selain membersihkan masjid, kata dia, gotong royong badan jalan Garuda Simpang murini tersebut juga untuk mempererat tali silaturahim antar warga di daerah itu agar pelaksanaan ibadah puasa berjalan dengan tenang, nyaman dan penuh kedamaian.

  • Ia menjelaskan, berbagai kegiatan yang telah dipersiapkan selama bulan suci Ramadhan, terdiri dari shalat tarawih, pesantren kilat dan safari Ramadhan yang akan dilakukan rombongan Pemerintah Kelurahan serta aneka kegiatan ibadah lainnya.

  • "Momen seperti ini salah satu cara untuk meningkatkan tali silaturrahim sesama warga yang mungkin untuk bertamu ke setiap rumah agak sulit, karena setiap warga disibukkan dengan aktivitas masing-masing, seperti bekerja di kantor dan lainnya," ujarnya.

  • Ia mengemukakan, tradisi gotong royong membersihkan masjid dilakukan bukan hanya pada saat menyambut bulan suci Ramdhan, namun juga dilakukan setiap saat sesuai dengan kondisi Masjid pada saat itu.

  • "Kalau masjid sudah kelihatan kotor, para warga berdatangan membersihkan Masjid, biasanya dilakukan sebelum menunaikan ibadah shalat Jumat," ujarnya.

  • Terlihat hadir dalam gotong royong sekali ini adalah, Babinsa Roni dan sempat hadir dalam memberikan motipasi kewarga Camat Bukit Kapur Agus Gunawan, yang rood show setiap hari libur di setiap kelurahan melihat kegiatan kegiatan warga.(ck5)