Langgar Prokes, Puluhan Warga Terjaring Razia di Kecamatan Bukit Kapur

redaksi
Ist
  • Xnewss.com, Dumai - Dalam meningkatkan pengawasan terhadap penyebaran virus Covid 19, Tim Yustisi dan Upika Kecamatan Bukit Kapur melakukan operasi penegakan hukum Protokol Kesehatan (Prokes)dan berhasil menjaring 21 orang pelanggar protokol kesehatan yang terdiri dari 17 pria dan 4 wanita, pada Rabu (31/03/2021)

  • Kegiatan oprasi yustisi yang terdiri dari SATPOL PP, TNI , POLRI, Kejaksaan, Pengadilan Hakim, Panitera Pengganti, BPBD, Kesbangpol dan Dinas serta unsur pimpinan Kecamatan Bukit Kapur, staf Kecamatan, Polsek, Koramil 02 Bukit Kapur. Kegiatan di gelar di pasar Sukaramai, Kelurahan Bukit Kayu Kapur.

  • Camat Bukit Kapur Agus Gunawan SSOS yang di dampingi Kapolsek Bukit Kapur AKP Akira Ceria SIK dan Koramil 02 Bukit Kapur Kapt Arh Mhd Iskandar Daulay mengatakan, masyarakat yang terjaring operasi yustisi sebagian besar tidak menggunakan masker. Bahkan, jika masyarakat membawa masker, terkadang hanya disimpan di saku celana.

  • "Mereka membawa masker, tapi disimpan disaku celana, digantung di leher atau dimasukkan dalam tas. Kegiatan ini juga untuk mengukur sejauh mana keberhasilan UPIKA dalam mensosialisasikan dan menerapkan perilaku adaptasi kebiasaan baru dalam penerapan Prokes," ujarnya.

  • Dirinya menjelaskan, operasi ini akan dilaksanakan disetiap pusat keramaian.Untuk memberikan efek jera kepada masyarakat yang melanggar protokol kesehatan diberikan sanksi sesuai Peraturan Daerah Propinsi Riau No 4 Tahun 2020 Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah No 21 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Kesehatan.

  • "Untuk hari ini ada 21 orang yang terjaring razia protokol kesehatan karena tidak memakai masker diantaranya, 17 orang pria dan 4 orang wanita sesuai sidang ditempat dan keputusan Sanksi Hakim yang telah tentukan dan jumlah total denda Rp. 495.000,- (Empat Ratus Sembilan Puluh Lima Ribu Rupiah)," tandasnya. (Ck5)