Walikota Dumai Pimpin Upacara Hari Pahlawan ke- 71

Agung
Xnewss.com,DUMAI -- Peringati hari Pahlawan yang ke- 71 Tahun 2016 di Kota Dumai ditandai dengan pengibaran Bendera Merah Putih di halaman eks kantor Walikota Jalan HR Soebrantas Dumai Timur, dan dipimping langsung oleh Walikota (Wako) Dumai Drs. H. Zulkifli As. MSi, Kamis 10 Nopember 2016.


Hadir dalam upacara tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Dumai Drs. H. Said Mustafa, MSi, Asisten III, H. Mustafa Kadir, Kapolres Dumai AKBP. DH. Ginting, Danlanal Dumai, Dandim 0320 Dumai. Dansat Radar Dumai, Kejaksaan Negeri Dumai, Ketua KPU Dumai, Pimpinan SKPD dilingkungan Kota Dumai, Camat dan Lurah se-Kota Dumai. Selain itu, hadir juga sejumlah pimpinan Ormas, OKP, Veteran, Deputi GM Pelindo I Dumai serta undangan lainnya. Sementata peserta upacara diikuti aparat TNI/Polri, Satpol PP, PNS, Ormas/OKP, perwakilan mahasiswa dan pelajar se Kota Dumai.


Walikota Dumai H. Zulkifli As pada kesempatan itu menyampaikan amanat Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, bahwa setiap tanggal 10 November, Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan sebagai momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa, dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan.


Dikatakannya, peringatan Hari Pahlawan didasarkan pada peristiwa "Pertempuran 10 November 1945" di Surabaya, sebagai pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, dengan memakan korban jiwa yang sangat besar. "Peristiwa tersebut memberi kita pelajaran moral bahwa warisan terbaik para pahlawan bangsa bukanlah politik ketakutan, melainkan politik harapan. Seberat apapun tantangan yang dihadapi dan keterbatasan yang ada, tidak akan menyurutkan semangat perjuangan,"paparnya.


Pengalaman merebut dan mempertahankan kemerdekaan, juga menunjukkan betapa spirit perjuangan dan mental - karakter kepahlawanan memiliki daya hidup yang luar biasa dalam menghadapi berbagai rintangan dan penderitaan. Peringatan Hari Pahlawan harus mampu menggali apinya, bukan abunya.


Dengan meminjam ungkapan Bung Karno, semangat kepahlawanan itu adalah semangat rela berjuang, berjuang mati-matian dengan penuh idealisme dengan mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi. "Semangat Kepahlawanan adalah semangat persatuan, persatuan yang bulat-mutlak dengan tiada mengecualikan sesuatu golongan dan lapisan. Semangat Kepahlawanan adalah semangat membentuk dan membangun negara,"sebutnya.*(Agung)